I. PENDAHULUAN Pasar dalam arti sempit adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli melakukan transaksi barang dan jasa. Pasar dalam arti luas adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran sehingga terjadi kesepakatan. Pasar dari bentuknya terbagi menjadi dua: 1) Pasar konkret, pasar yang wujudnya fisik. Contoh: pasar tradisional, pasar swalayan. 2) Pasar abstrak, pasar yang wujudnya tidak fisik. Contoh: bursa saham, toko online. II. PEMBAHASAN Pasar dari sisi permintaan dan penawaran terbagi menjadi: pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. A. PASAR PERSAINGAN SEMPURNA Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang penjual dan pembelinya tidak dapat mempengaruhi harga, sehingga harga pasar benar-benar hasil interaksi keduanya. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna: 1) Banyak penjual dan banyak pembeli 2) Penjual dan pembeli adalah pengikut harga (price taker) 3) Barang dan jasa yang dijual homogen 4) Penjual dan pembeli me
Komentar
Posting Komentar